(PROPERTI.BIZ edisi 38 / April 2009)
Bapak Surjadi yang terhormat,
Melalui surat ini saya ingin bertanya kepada bapak mengenai apa saja yang harus saya siapkan apabila saya ingin menjual rumah saya yang saya tempati saat ini. Dan kebetulan saya juga ingin membeli rumah baru yang akan saya tempati dikemudian hari. Untuk itu saya mohon saran dan petujuk dari bapak mengenai syarat-syarat apa saja yang harus saya siapkan dan bagimana prosesnya?
Terima kasih sebelumnya.
Randy, Cipedes.
Jawab:
Bapak Randy yth.,
Untuk menjual dan membeli tanah/rumah ada beberapa dokumen yang harus anda siapkan. Sebagai penjual anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
- Sertipikat asli hak atas tanah yang akan dijual;
- Bukti indentitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), apabila sudah menikah disertai akta nikah dan KTP istri;
- Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk 10 tahun terakhir;
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
- Kartu Keluarga (KK).
Dan sebagai pembeli anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
- Bukti identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP);
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
- Kartu Keluarga (KK).
Setelah dokumen tersebut lengkap maka dibawa ke seorang PPAT. Saat datang untuk pertama kalinya ke PPAT, AJB belum bisa langsung dibuat. Beberapa persiapan dibawah ini harus dilakukan oleh masing-masing pihak yang terlibat transaksi:
- PPAT harus mengecek keaslian sertipikat tanah ke kantor pertanahan;
- Penjual harus membayar Pajak Penghasilan (PPh) di kantor pos, bank persepsi, atau tempat lain yang ditunjuk oleh menteri sesuai dengan Undang Undang UU Nomor 17 Tahun 2000. Bank dan kantor pos atau lembaga lain yang ditunjuk sudah menyiapakan bukti setor khusus untuk pembayaran PPh. Anda tinggal mengisi blanko tersebut;
- Penjual harus membuat surat pernyataan bahwa tanah yang dibeli tidak dalam sengketa. PPAT berhak menolak pembuatan AJB apabila masih terdapat sengketa;
- Calon pembeli membuat surat pernyataan bahwa dengan membeli tanah tersebut, ia tidak menjadi pemegang hak yang melebihi ketentuan batas luas maksimal;
- Calon pembeli harus melunasi Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) ke bank persepsi (yang ketentuannya ini ditunjuk oleh menteri berdasarkan UU No.18 Tahun 2000), kantor pos atau lembaga lain.
Apabila persiapan tersebut telah dilakukan maka pembuatan Akta Jual Beli (AJB) dapat dilakukan demikian:
- Pembuatan AJB harus dihadiri oleh dua belah pihak yang akan melakukan transaksi, penjual dan pembeli atau kuasa hukum masing-masing yang diberi surat kuasa tertulis.
- Pembuatan akta juga harus dihadiri minimal 2 orang saksi, dari pihak pembeli dan pihak penjual.
- PPAT terlebih dahulu harus membacakan isi akta yang akan ditandatangani dan menjelaskan isi akta kepada semua yang hadir saat pembuatan akta.
- Apabila seluruh isi akta disetujui oleh penjual dan pembeli, maka akta bisa ditandatangani oleh penjual, pembeli, saksi-saksi serta PPAT.
- Akta dibuat dua lembar asli, satu lembar disimpan di kantor PPAT dan satu lembar lainnya diserahkan ke kantor pertanahan untuk keperluan pendaftaran (balik nama).
- Salinannya diserahkan kepada penjual dan pembeli, masing-masing satu.
Salam, Surjadi Jasin
bagaimana dengan yg kasus , rumah yang dibeli tp suratnya masih status girik dan saya membutuhkan cara bagaimana untuk merubah seminimal AJB
ReplyDeletethks
salam
Dhanny M (Maputra_one@yahoo.com)
Mau tanya pa... saya berencana membalik nama sertifikat tp tdk ada AJB, saya sudah mencari an nama penjual tp kehilangan jejak, mungkin bapak bisa menolong, trim's.
ReplyDeleteandreas.jonatan@gmail.com
saya mau tanya , bagaimana kalau tanah tersebut hibah dari orang tua sebagian dan sebagian lagi saya beli dari kakak saya , di kemudian hari kakak saya tidak mengakuinya tetapi saya hanya punya surat jual beli di atas materai tapi bukan AJB , apakah saya bisa buat AJB nya pak...? klw bisa bgmn caranya..?terima kasih
ReplyDeletebapak surjadi yg terhormat
ReplyDeletesaya mau tanya,apa bisa saya membuat akta jual beli yg baru,karena akta jual beli saya waktu saya bantu teman saya pinjamkan akta tersebut tetapi sampai sekarang saya tak tau dmn keberadaannya,barangkali surat tersebut takut d salah gunakan, makanya saya ingin membuat akta baru, apa saja syarat yg harus saya siapkan, dan sekitar berapa biayanya,, terima kasih.
hendra.cherbon@yahoo.com